Monday, April 28, 2014

Instal VPS Menggunakan Speedtest ( Debian/Ubuntu, CentOS )

Untuk melakukan test kecepatan server vps menggunakan speedtest.net anda harus melakukan setting konfigurasi pada server supaya speedtest bisa diakses melalui console vps. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

Langkah pertama silahkan login full akses ke server vps dengan user dan password root menggunakan program PuTTY, selanjutnya jalankan perintah/command dibawah ini pada console.

 1. Install Python

Debian/Ubuntu:
apt-get install python

CentOS:
yum -y install python

2. Download wget speedtest_cli.py
wget http://proxy.ninit.us/speedtest_cli.py

3. Cek informasi wget speedtest
python speedtest_cli.py -h

4. Melakukan testing dan mengetahui hasil speedtest
python speedtest_cli.py --share

Selesai.

Untuk dapat melihat hasil dari testing kecepatan server vps anda, silahkan copas url speedtest.net (ex:http://www.speedtest.net/result/3436133852.png ) yang berupa file gambar yang dihasilkan dari testing diatas pada browser anda. Contoh dari hasil test kecepatan server vps Singapore yang saya miliki, berikut hasilnya.
 Jika anda ingin melakukan test speed server berulang kali supaya mendapatkan speed yang sesuai dengan yang anda inginkan, anda cukup mengulangi command/perintah langkah 4 pada console server.

Nah, cukup mudah bukan? Semoga cara melakukan Instal VPS Menggunakan Speedtest ini bisa di mengerti dan dapat bermanfaat bagi anda semua.

0 komentar:

Post a Comment